Mengelola Desain dan Konstruksi Virtual

Mengelola Desain dan Konstruksi Virtual

Desain virtual dan konstruksi (VDC) adalah proses yang menyediakan platform tunggal untuk semua pemangku kepentingan proyek untuk mengelola kolaborasi dan perubahan dalam proyek jasa arsitek, sambil mempertahankan anggaran dan tenggat waktu. Proses ini menjadi semakin populer. Mengelola VDC adalah layak dan menguntungkan bagi perusahaan jasa arsitek, dan sangat berharga untuk melihat bagaimana dan mengapa. VDC menggunakan model dan data untuk menentukan detail proyek di awal proses, yang memungkinkan panduan yang lebih efektif untuk alur kerja. Salah satu fitur utama VDC adalah mendorong komunikasi reguler pada tahap perencanaan, desain dan konstruksi hingga selesai.

Kadang-kadang, ada spekulasi umum tentang perbedaan antara BIM (Building Information Modeling) dan VDC. Kini semakin diterima bahwa BIM dalam industri konstruksi adalah bagian penting dari proses VDC. BIM membantu memvisualisasikan data dan memantau kemajuan dalam format 3D dengan mengkonsolidasikan konsep desain ke dalam model 3D all-inclusive tunggal. Manfaat VDC bagi klien adalah memberikan kepada mereka kemampuan dan informasi BIM untuk mengelola perencanaan proyek, desain, dan upaya konstruksi yang lebih baik, yang pada akhirnya membantu kegiatan start-up, operasi dan pemeliharaan.

Salah satu alasan bahwa pemodelan VDC dan BIM menikmati lebih banyak popularitas adalah bahwa mereka dapat berkontribusi untuk waktu pengiriman proyek yang lebih cepat. VDC memungkinkan klien dan kontraktor untuk berkolaborasi secara detail pada tahap awal. Ini mengarah pada pengambilan keputusan yang jujur ​​dan jelas. Volume pengerjaan ulang menurun, yang berarti penghematan waktu dan biaya.

VDC membantu mengelola perubahan, bekerja secara kolaboratif, dan memantau dokumen. Begini caranya:

Manajemen Perubahan: VDC memfasilitasi proses di mana modifikasi dapat terjadi secara mulus untuk menjaga proyek tetap di jalur. Proses-proses ini termasuk klien dan pemangku kepentingan proyek. Tujuan-tujuan utama diidentifikasi, setiap masalah teknis yang terjadi diurus sejak awal dan modifikasi desain dapat dilihat pada tahap awal. Komunikasi yang konstan mengurangi kebutuhan untuk mendesain ulang dan mengolah ulang elemen, yang mengurangi biaya dan penundaan proyek secara keseluruhan. Desain dapat dilihat selama operasi untuk pemahaman yang lebih baik tentang upaya kolaboratif.

Kolaborasi: VDC mendorong kolaborasi dengan lingkungan kerja berbasis cloud. Dengan menggunakan masukan dari berbagai disiplin dan layanan, hasil kolektif dengan mudah diputuskan. Dengan memanfaatkan platform yang sama untuk berbagi data dan pandangan, biaya disimpan dalam pemeriksaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *